Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Rimbawan Harus Profesional

Written By riluation on Sabtu, 26 Maret 2011 | 08.21

PALU-Peningkatan kapasitas dan profesionalisme terhadap rimbawan Indonesia, menjadi poin penting yang ditekankan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, pada peringatan hari bakti rimbawan dan hari kehutanan internasional yang diperingati setiap 16 Maret.

Dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Provinsi Sulteng, Rais Lamngkona, pada upacara peringatan hari bakti rimbawan dan hari kehutanan internasional, yang digelar di halaman kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sulteng, Rabu (16/3), Zulkifli Hasan, mengatakan kalau sumber daya alam Indonesia bukan hanya menjadi aset bangsa, tapi dunia. Olehnya ia berharap itu harus dikelolah secara profesional.

“Profesionalisme itu harusnya bukan hanya dipertahankan, tapi harus ditingkatkan. Hari ini adalah moment bagi kita menginstrospeksi kondisi alam kita dan apa yang telah kita lakukan dalam pengelolaan sumberdaya alam,” kata Hasan dalam sambutannya yang dibacakan Rais.

Menurutnya, saat ini ada 6 kebijakan strategis bidang kehutanan, yang di antaranya adalah pemantapan kawasan hutan, koservasi dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, dan peningkatan kwalitas hutan.

Untuk merespon isu global tentang pengurangan emisi gas rumah kaca, pemerintah terus burupaya melakukan upaya penghijauan dengan meluncurkan sejumlah program, seperti penanaman 1 milyar pohon di tahun 2010. Ia berharap, segala program penghijauan yang dilakuakan harus dipantau dengan baik.

Saat ini kata dia, permasalahan kehutanan semakin kompleks. Setiap tahun, luas dan kwalitas hutah selalu mengalami penurunan. Tak ada cara lain yang harus dilakukan selain menanam pohon.
Upacara yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit tersebut dihadiri para pejabat instansi terkait di lingkup kehutanan. Selain dinas yang ada di Palu, Dinas kabupaten/kota juga hadir dalam upacara tersebut.

Dalam memperingati hari bakti rimbawan dan hari kehutanan internasional tersebut, Dinas Kehutanan Sulteng telah menggelar berbagai kegiatan baik untuk internal maupun bagi masyarakat umum.

Ahad pekan lalu, panitia hari bakti melakukan kegiatan penanaman pohon di wilayah penggaraman pantai Talise Palu, yang dirangkaikan dengan acara sepeda santai. Bagi panitia, itu menjadi bagian dari kampanye menanam untuk masyarakat. (Sahril)

0 komentar: