Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Hitungan Cepat Unggulkan Longkis

Written By riluation on Rabu, 06 April 2011 | 04.10

PALU-: Hitung cepat (quick count) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah yang dilaksanakan LSKP-LSI (Lingkaran Survei Kebijakan Publik - Lingkaran Survei Indonesia) menempatkan pasangan Longki Djanggola-Sudarto sebagai peraih suara terbanyak.

Dalam konferensi pers LSKP-LSI, Rabu Sore (6/4), pasangan yang diusung Koalisi Reformasi beranggotakan Gerindra, Hanura, PPP, Patriot, PDP, PKPB, dan PKS ini meraih suara 53,98%.

Sementara di peringkat kedua, ditempati pasangan Aminuddin Ponulele-Luciana Baculu (Adil) yang diusung Partai Golkar dengan raihan 15,16%, kemudian disusul pasangan Rendy Lamadjido-Bandjela Paliudju (Rela), calon yang diusung Koalisi PKPI, PAN, PDS, dan PBR, dengan perolehan suara sebesar 13,07%.

Selanjutnya di urutan ke 4, pasangan Sahabuddin Mustapa-Faisal Mahmud (SAFA) yang diusung Koalisi Nusantara (16 partai non-seat) memproleh suara sebesar 9,80%. Sementara di terakhir pasangan Achmad Yahya-Ma’ruf Bantilan (AY-MB) yang dijagokan Koalisi Partai Demokrat dan PKB sebanyak hanya memperoleh suara sebasar 8,00%.

Manager Riset dan Strategi LSKP-LSI, Asep Rohmatullah, dalam kesempatan itu mengatakan, dari Jumlah populasi pemilih di Sulteng sebanyak 1.785.763 dan 5.297 TPS, pihaknya memilih 332 TPS secara acak sebagai sampel yang tersebar meratat di seluruh kabupaten/kota. Teknik penarikan sampel multistage random sampling dengan sampling error ±1%.

Asep menambahkan, pasangan Longki's menang di sembilan kabupaten/kota, yakni di Kabupaten Banggai, Bang Kepulauan, Morowali, Kota Palu, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-Una, dan Tolitoli.

dengan perolehan suara 35%-68%. Menurutnya, hasil perhitungan itu dilakukan terakhir pada pukul 17.00, dan masih 90 persen dari total sampel mereka.
Sementara pasangan Adil yang berada di posisi ke dua, hanya unggul di Kabupaten Donggala dan Buol. "Dari angka-angka ini, maka tidak bermaksud melangkahi kewenangan KPU, kami ucapkan selamat kepada pasangan Longki-Sudarto," kata Asep.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Pemenangan Longki's, Karim Hanggi, mengatakan kemenangan pasangan Longki’s buah dari kerja keras, kerja cerdas, kerjasama semua tim di semua kabupaten/kota.
"Ini buah dari kerja keras selama ini, bukan turun begitu saja dari langit," kata Karim Hanggi.

Meski begitu, ia mengatakan kalau kewenangan untuk memastikan pasangan yang mana yang menang adalah KPU. Hasil perhutingan cepat itu menurutnya hanya menjadi acuan, tapi dapat dipercaya karena menggunakan metode ilmiah.

“Kami mempunyai relawan kurang lebih dari 1000 orang, yang tersebar di semua kabupaten/kota. Setiap TPS 2 orang, mereka akan mengawal sumua proses perhitungan. Semoga tidah aka nada perubahan jauh dari perhitungan cepat ini,” harapnya. (Odink/Sahril)

0 komentar: